BREAKING NEWS

Loading...

Panduan Membuka Bisnis Coffee Shop

bondan Multy Media
7/15/24, 7/15/2024 WIB Last Updated 2024-07-15T11:09:53Z
'Advertisement'ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

 


Suara Kota Siber - Bisnis merupakan hal yang sedang tren dikalangan masyrakat untuk mencapai kesuksesan, salah satunya adalah memulai bisnis cafe yang mungkin untuk sebagian orang terkesan sulit, malah sebagian yang lain menikmati setiap prosesnya. Ada yang membuka usaha cafe kekinian di desa, memulai bisnis coffee shop outdoor dekat kampus, dan menjalankan kedai kopi di komplek perumahan. Apa pun konsep cafe yang akan kamu hadirkan, pasti ada saja beberapa hal yang menyusul menjadi tantangan untuk diselesaikan. Semoga rangkuman panduan bikin cafe yang kami kutip dari beberapa sumber ini dapat membantu meminimalisir kemungkinan kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan pemilik bisnis selama proses memulai bisnis kedai kopi.

Kuatkan Niat dan Sadar Finansial

Apakah bisnis kedai kopi sesuai untuk kamu? Memulai bisnis kedai kopi tidak secara instan mendapatkan pengunjung tetap, ada strategi yang perlu diterapkan agar orang mengenal kedai kopi kamu. Bahkan pemiliki bisnis cafe yang sudah menjalankan bisnisnya berbulan-bulan, tidak henti belajar dan mengevaluasi tiap strategi yang diterapkannya. Jika kamu merasa terpanggil untuk memulai bisnis kedai kopi, maka kuatkan niat menjadi daftar kerja yang perlu kamu lakukan. Dimulai dari paling dasar, sadar finansial dan sesuaikan konsep kedai kopi yang ingin kamu bangun.

Membangun kedai kopi tentunya perlu perencanaan keuangan yang efisien, bisa melalui tabungan sendiri atau dengan cara cicilan peralatan kopi yang digunakan. Jika memilih jalur keuangan dengan menyicil, maka perlu merencanakan strategi manajemen yang terukur. Mungkin kamu pun bisa juga belajar industri kopi sambil berbisnis, sekaligus mempersiapkan segala halnya untuk membuka kedai kopi kamu sendiri.

Modal Awal Kedai Kopi dan Peralatan Kopi

Berapa modal buka usaha cafe? Pasti yang terpikirkan pertama adalah keperluan untuk melengkapi peralatan kopi dan perlengkapan kedai kopi. Tentunya tiap konsep kedai kopi memiliki peralatan yang berbeda, dan sudah pasti modal awal yang harus dibelanjakan juga berbeda. Ada yang membedakan kebutuhan Perlengkapan kedai kopi meliputi kursi cafe, meja cafe, pajangan dinding, hal-hal yang terkait kelengkapan ruang. Sedangkan peralatan kopi meliputi mesin penggiling kopi, mesin espresso, alat seduh kopi manual dan banyak lagi, yang sifatnya bisa diupgrade atau diganti dengan kualitas terbaru untuk kedepannya.


Beberapa pemilik bisnis kedai kopi dengan anggaran cukup, akan memilih konsep jualan yang bertahap dan nantinya dikembangkan. Mungkin mengawali bisnisnya dengan peralatan kopi manual, selanjutnya berangsur melengkapi peralatan komersial ketika pengunjung sudah mulai stabil. Beberapa tips untuk melengkapi peralalatan kopi kamu.

Mempelajari Tentang Sajian Kopi dan Industri Kopinya

Sebelum memulai buka usaha kedai kopi sendiri, ada baiknya mengerti sajian kopi apa saja yang bisa disediakan ke para pengunjung. Agar ketika kamu merencanakan menu kopi, setidaknya mengerti dasarnya. Ada sajian kopi manual dan juga turunan sajian coffee milk, pun nantinya sajian kopi ini juga mempengaruhi keputusan pemiliki bisnis kedai kopi untuk belanja peralatan kopi. Kamu sangat bisa mempelajari kopi hulu ke hilir, mulai dari membaca buku ataupun langsung belajar dari barista maupun pelaku industri kopi yang kamu temui.

Tentunya semakin banyak kamu mengetahui seluk beluk industri kopi, akan menambah wawasan kamu untuk menyajikan sajian kopi lebih baik ke pengunjung.

Mencari Pemasok Biji Kopi Dari Roastery Terpercaya

Menjalankan bisnis kedai kopi pasti banyak hal yang dipertimbangkan, dan mencari cara agar apa pun langkah yang diambil bisa mendukung profit penjualan kedai kopi. Salah satunya, tahap memilih rekanan pemasok biji kopi, memutuskan untuk menggunakan biji kopi yang mana akan mempengaruhi selera pengunjung. Biji kopi dengan cita rasa berkualitas, tentu harganya akan mempengaruhi margin keuntungan. Masih bingung memilih pemasok biji kopi yang tepat, dan apa saja hal yang harus dipertimbangkan.

Merancang Bisnis Model Canvas untuk Kedai Kopi

Sebelum kamu mendirikan kedai kopi sendiri atau kamu sedang menjalankannya, merancang bisnis model canvas untuk kedai kopi menjadi penting. Business model canvas akan menjadi panduan yang telah kita rancang sendiri, yang isinya sebuah strategi manajemen disusun berdasarkan ide dan konsep. Bahkan lebih detail lagi, kamu juga akan merancang strategi pemasaran untuk mengenalkan bisnis kedai kopi kamu calon pengunjung.

Memutuskan Konsep Kedai Kopi

Pertimbangkan ingin mengusung konsep kedai kopi seperti apa, konsep ini nantinya akan mempengaruhi bagaimana cara kamu menata kedai kopi dan mempengaruhi penggunaan peralatan serta perlengkapan kedai kopi nantinya. Semisal ingin mengusung konsep klasik, maka memilih cangkir kopi bergaya klasik akan menambah pengalaman berkesan selama pengunjung berada di kedai kopi kamu nantinya.


Memutuskan Menu Kopi dan Makanan Yang Akan Ditawarkan

Menjalankan bisnis cafe kedai kopi tentu menu kopi dan menu makanan menjadi aktor utama yang menyapa pengunjung. Jika menu kopi dan menu makanan sesuai selera, maka pengunjung akan mendapatkan pengalaman baik kemudian kemungkinan akan lebih besar pengunjung datang lagi lain waktu. Menu kopi seperti apa sih yang diinginkan pengunjung, dan makanan seperti apa sih yang bisa mendukung sajian kopi. Kamu harus melakukan analisa kecil-kecilan, bahkan jika perlu kamu bisa berkunjung ke kedai kopi lain untuk melihat menu kopi dan menu makanan apa saya yang mereka sediakan.

Pertimbangkan Lokasi Kedai Kopi dan Analisa Kompetitor Sekitar

Area lokasi yang ramai saja masih kurang menjadi acuan untuk memutuskan lokasi tersebut potensial, analisa sedikit lebih mendalam lagi. Apa saja yang ada di sekitar lokasi tersebut, paling mudah dengan mencari informasinya dengan tetangga sekitar lokasi. Bagaimana trafik lalu lintas sekitar lokasi, bisnis apa saja yang sudah ada sejak lama, bagaimana status pemukiman sekitar, dan apakah ada badan usaha lainnya, seperti apartment, perkantoran, restauran, dan lainnya. Dari hal ini, kamu akan mendapatkan gambaran apakah lokasi tersebut sesuai seperti yang kamu harapkan. Menganalisa kompetitor di lokasi sekitar, juga membantu kamu mempertimbangkan apa saja strategi yang perlu diambil, dan bagaimana pengunjung sekitar menanggapi produk yang serupa.

Pahami Peraturan Pendirian Kedai Kopi di Kota Kamu

Sebagai pebisnis kedai kopi, juga harus sadar akan peraturan dan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk memulai perniagaan di lokasi tersebut. Bagaimana pajak yang diatur, administrasi dan dokumen-dokumen apa saja sebagai syarat mendirikan bisnis kedai kopi. Lokasi perkantoran tentu akan berbeda peraturannya dengan lokasi komplek perumahan. Bahkan aturan-aturan tidak tertulis pun harus dipahami, seperti mendirikan bisnis kedai kopi di area komplek perumahan yang harus menjaga ketenangan bertetangga.

Pertimbangkan Peralatan Kopi Yang Akan Digunakan

Tahapan yang membuat kamu bersemangat, ketika memilih peralatan kopi apa yang harus kamu gunakan. Beberapa teman pebisnis kedai kopi, memilih alat kopi sederhana dan mesin kopi yang terjangkau di awal, dan setelah mengalami perkembangan barulah mengganti peralatan kopi dan mesin kopi mereka. Namun, beda cerita jika kamu sudah memiliki anggaran tepat untuk memulainya. Setidaknya ada beberapa rekomendasi peralatan dan mesin kopi untuk bisnis kedai kopi, namun pun begitu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

Merencanakan Anggaran Belanja Alat Kopi

Berapa sih sebenarnya anggaran untuk membeli peralatan kopi dan memulai bisnis kedai kopi sendiri. Banyak pertanyaan seperti ini yang muncul, jika kamu sudah mengikuti panduan dari awal, pasti sudah bisa menjawabnya sendiri. Karena anggaran bisnis kedai kopi, sudah pasti yang paling tepat adalah yang disesuaikan dengan apa yang direncanakan.

Memutuskan Break-Even Point (BEP) Kedai Kopi

Memulai bisnis kedai kopi tentu hasil akhirnya adalah profit, bagaimana mengetahui apa yang sudah dijalankan menampilkan angka profit. Itulah perlu mengetahui sebenarnya berapa Break-Even Point (BEP) untuk bisnis kedai kopi kamu. BEP juga sering diistilahkan sebagai angka aman, dan tiap pebisnis memiliki cara tersendiri setelah proses berjalannya bisnis. Ada yang menghitung berdasarkan omzet harian, ada juga yang menghitung berdasarkan omzet mingguan.

Merancang Struktur dan Sistematis Kerja

Bagaimana alur kerja agar bisnis kedai kopi berjalan secara mandiri, apakah kendali dipegang penuh oleh pemilik bisnis atau mendelegasikan tugas-tugas penting seperti mengorder bahan baku dan lain sebagainya. Beberapa pebisnis kedai kopi mempercayakan urusan operasional kedai kopi kepala barista, dan ada juga pemilik bisnis yang langsung terjun sebagai manajer operasional kedai kopi. Jika kamu berencana menjalankan bisnis kedai kopi dengan rekanan, ada beberapa hal yang juga harus diperjelas.

Mulailah Berbisnis, Yuk Mendirikan Coffee Shop

Anggaplah semua persiapan sudah selesai dan rancangan konsep juga sudah matang, jangan terlalu khawatir dengan tantangan bisnis, malah inilah yang membuat kamu sebagai pemilik bisnis bertumbuh. Pertimbangkan bagaimana rencana pelayanan dan pemasaran, tawarkan kelebihan unik dari kedai kopi kamu, pisahkan rekening bisnis dengan rekening personal, mulailah meluncurkan nama bisnis kedai kopi kamu. Manfaatkan kanal internet mulai dari website dan media sosial, lengkapi dokumen persyaratan bisnis, mulailah menemukan barista untuk kedai kopi kamu.

Evaluasi Manajemen Secara Berkala, Minggu, Bulanan, 3 Bulan

Rancanglah agenda jangka panjang dan jangka pendek untuk bisnis kedai kopi kamu, dari mulai target hingga rencana strategis yang ingin dikerjakan untuk mencapai target tersebut. Memiliki agenda berjangka akan membuat kamu terus termotivasi untuk menjalankan bisnis kedai kopi, dan terarah sesuai yang direncanakan. Analisa bagaimana menu kopi mana yang paling banyak dipesan, menu makanan mana yang paling favorit, kapan ramai pengunjung, dan hal lainnya yang perlu dievaluasi.


Adipati Coffee

Adipati Coffee merupakan salah satu Cafe Kopi yang saat ini ramai diperbincangkang, cafe kopi yang terletak di Jl. Pangkal Perjuangan, Tanjungpura, kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat. Merupakan cafe kopi yang memiliki ciri khas tersendiri, kopi yang dipilih langsung dari petani kopi Karawang serta diolah secara cermat hingga mengasilkan kopi berkualitas.
Adipati Coffee menyediakan :


Manual Brew :
- Kopi Tubruk
- V60
- Kalita Wave
- Vietnam Dripp
- Shyphon Coffee
- Aeropress

Menu Utama
- Kopi Susu Gula Aren
- Americano
- Long Black


Foto Cafe Adipati Coffee




Proses Pemilihan Biji Kopi



Proses Penyortiran Biji Kopi





Sumber  : Evade Wirosita

Editing   : Jaun

Komentar

Tampilkan

Terkini