BREAKING NEWS

Loading...

Takaran Membuat Kopi Yang Pas

bondan Multy Media
7/15/24, 7/15/2024 WIB Last Updated 2024-07-15T16:33:14Z
'Advertisement'ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

 


Foto by EW
Foto EW

Suara Kota Siber - Takara membuat kopi (Ratio) yang pas merupakan hal penting dalam kenikmat dan ciri khas kopi, sebagai pembuat kopi (Barista) tentu memiliki takaran kopi yang pas sehingga hasilkan seduhan kopi enak tiap kali menyeduhnya. Dengan mengetahui konsep dasar ratio kopi maka membuat kopi nikmat akan menjadi mudah.

Ratio kopi adalah perbandingan dalam satuan gram antara bubuk kopi dengan air panas yang digunakan, berkontribusi menciptakan karakter rasa kopi yang dihasilkan, ratio kopi juga dipengaruhi oleh profil sangrai, ukuran gilingan, dan suhu air panas untuk seduhan. Tiap metode seduh pun memiliki catatan berbeda terkait ratio kopi yang sering dikenal dengan istilah resep kopi, secara umum bagaimana membuat sajian kopi yang nikmat.

Takaran Kopi Yang Pas

The golden ratio atau takaran membuat kopi umum yang direkomendasikan Asosiasi Kopi Specialty di Amerika (SCAA) adalah 1:14, yang maknanya untuk membuat kopi memerlukan 18 gram air untuk setiap 1 gram bubuk kopi. Namun untuk sajian kopi lain memiliki perbedaan ratil kopi selama penyeduhan.

Takaran Kopi Hitam

Kopi hitam merupakan salah satu kopi yang banyak diminati pecinta kopi (Coffe Lover) sajian kopi yang sederhana dan paling bersahaja, bubuk kopi digiling sesuai kemudian air panas menyeduhnya, ekstraksi kopi pun dimulai. Dalam penerapannya, kopi hitam juga merujuk pada sajian kopi tubruk, long black dan juga americano. Untuk ratio kopi tubruk pada rentang sekitar 1:1– 1:1,2 tergantung ingin seberapa kuat karakter kopi yang diinginkan. Kopi long black dan americano dengan takaran 1:1 – 1:4 kemudian ditambahkan air panas, pada long black sajian espresso dituang ke air mineral sedangkan americano air mineral dituang ke sajian espresso.

Takaran Kopi Susu

Kopi susu adalah sajian kopi yang dicampur dengan susu, penggunaan susu pun beragam tergantung selera dan juga variasi dari kopi susu itu sendiri, untuk ratio Kopi susu 30ml espresso + susu full cream 120 ml + gula aren 30-50 ml.

Takaran Kopi Manual Brew (V60)

Kopi manual brew adalah sajian kopi yang menerapkan penyeduhan menggunakan alat kopi praktis, tiap alat kopi manual memiliki penerapan proses yang berbeda-beda diantaranya perendaman, penekanan, tetesan, penyaringan, dan penuangan air seduhan. Tentunya takaran kopi manual brew  pun memiliki catatan tersendiri merujuk pada metode seduhnya, rekomendasi secara umum sajian kopi manual brew menggunakan ratio kopi pada rekomendasi V60 1:15 dengan 3-5x Blooming dan pouring.

Namun untuk menemukan takaran kopi yang enak, perlu penyeduhan kopi berulang kali serta menganalisa berapa ratio kopi yang tepat. Memahami bagaimana proses metode seduh akan memudahkan penentuan takaran kopi yang digunakan. Setiap Barista memiliki takaran membuat kopi andalan tersendiri untuk membuat kopi tertentu, Barista akan menunjukan ciri khas serta karakter masing - masing melalui kopi yang mereka buat.


Penulis   : Popi H. Setiawan
Editing   : Redaksi
Komentar

Tampilkan

Terkini